50 Merek Ramaikan Kampanye Jumat ‘Hari Sepatu Lokal’

Sebanyak  50 merek sepatu lokal akan dipromosikan sebagai produk sepatu lokal yang memiliki kualitas terbaik. Hal ini bagian dari pencanangan hari Jumat sebagai hari sepatu dalam negeri.

Ketua Umum Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Eddy Widjanarko mengatakan kampanye penggunaan sepatu lokal pada hari Jumat untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pemakaiaan sepatu dalam negeri. Kampanye ini merupakan kampanye tahap kedua setelah sebelumnya telah dicanangkan oleh mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Itu memang kita yang meminta, tanggal 9 Maret 2011 ada launching, yaitu MoU antara Kementerian Perdagangan dengan Aprisindo mencanangkan sepatu dalam negeri,” katanya.

Ia menambahkan, setidaknya para produsen sepatu lokal akan menyiapkan merek-merek sepatu berkualitas baik yang bisa dipakai oleh para PNS, kementerian-lembaga, dan pasar umum.

Saat ini, lanjut Eddy, sudah ada beberapa merek sepatu Indonesia yang sudah go international seperti Rotelli, Andre Valentino dan lain-lain. Sementara merek-merek lokal lainnya yang cukup populer yaitu Carvil, Homypad dan lain-lain. Kampanye ini kata dia, tidak akan menonjolkan produk-produk merek asing meskipun dibuat di dalam negeri.

“Dari kampanye ini kita ingin masyarakat jangan terlalu  import oriented, katanya produk sepatu kita mutu jelek, sepatunya gampang lepas. Padahal sekarang mutu kita itu enak dipakai, harga terjangkau, sekarang sudah pakai ukuran kaki rata-rata orang Indonesia, kita pakai ukuran kaki riset kita sendiri,” katanya.

Menurutnya jika pemerintah dan produsen tak berbuat apa-apa termasuk tak melakukan kampanye sepatu lokal, maka nasib industri sepatu lokal bakal terancam perdagangan bebas.

Pasar sepatu dalam negeri per tahunnya mencapai Rp 25 triliun, dimana produk lokal hanya menguasai pangsa pasar di bawah 50% sementara sisanya sepatu impor.

“Ekspor sudah bagus sekali, tahun ini bisa mencapai US$ 2,5 miliar,” katanya (hen/dnl)

Sumber: detikFinance

2 Comments

  1. avatar
    VALENTIN DINEV  /  September 22, 2011, 4:18 pm Reply

    Halo, Saya Valentin Dinev, saya pemilik merek-SUNNY BEACH-SB, pembuatan dan penjualan sepatu

    Saya memiliki 11 toko di Bulgaria dalam penawaran dan penjualan berbagai model dan sepatu pria, bisnis saya dalam 7 kota yang berbeda di Bulgaria, saya ingin melakukan kontak dengan perusahaan Anda jika Anda inginkan, jika Anda tertarik, aku bisa menawarkan dan menjual , model Anda dan koleksi, laki-laki dan sepatu wanita, dengan senang hati, jika saya dapat berbicara dengan Anda, potensi kita untuk revisi total Bersama

    Valentin referensi Dinev

    KONTAK EMAIL grandsportbg@abv.bg

  2. avatar
    Hans  /  November 11, 2011, 12:07 am Reply

    Apa saja ya merek sepatu-sepatu lokal indonesia? Khususnya yang menjual sepatu sandal (spons) atau sepatu yang multifungsi terkecuali sepatu formal kantor (sepatu yang sering dapat dipakai untuk jalan dan olahraga pada umumnya). Terkadang hal ini sulit dijumpai karena bisa saja seperti yang anda sebut bahwa sepatu luar ada yang dibuat di dalam negeri sehingga penulisannya made in Indonesia. Kalau anda memiliki daftarnya, saya sangat hargai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Smart Detox