Indonesia Peringkat 17 Ekonomi Dunia

Pemerintah berharap Indonesia masuk ke dalam kategori negara berpenghasilan tinggi pada 2025 dengan mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki khususnya ekonomi.

Keterangan tertulis Kementerian Bidang Perekonomian di Jakarta, Rabu menyebutkan, saat ini Indonesia menduduki peringkat 17 ekonomi dunia, dengan pendapatan per kapita sekitar 3.000 dolar AS pada 2010.

Indonesia memiliki berbagai potensi yang dapat dikembangkan menjadi kekuatan utama (driver) ekonomi Indonesia.  Saat ini Indonesia sedang berubah dari factor driven economy menuju efficiency driven economy. Karena itu diperlukan sebuah perencanaan matang untuk memanfaatkan momentum bergabung ke dalam negara-negara emerging market.

Pemerintah kemudian menyusun cetak biru percepatan transformasi ekonomi yang perlu didukung oleh berbagai terobosan dan perubahan pola pikir di dalam perumusan strategi dan kebijakan jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang, tidak cukup hanya langkah biasa.

Perencanaan tersebut diwujudkan dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3EI) yang mencakup 22 aktivitas ekonomi utama Indonesia dan merupakan adaptasi serta integrasi dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2002-2025.

Presiden Yudhoyono akan meluncurkan MP3EI pada Jumat (27/5) di Balai Sidang Jakarta Convention Center. Setelah peluncuran, akan dibentuk Tim Pelaksana yang dipimpin Presiden dengan keanggotaan dari berbagai unsur. Pada acara peluncuran MP3EI, Presiden Yudhoyono direncanakan akan mengadakan dialog jarak jauh dengan para gubernur di keempat lokasi dimaksud. (Ant/OL-2)

Sumber: Media Indonesia

3 Comments

  1. avatar
    Haris Prastio  /  December 30, 2011, 10:13 am Reply

    Andaikan dari awal semua pejabat negara kita jujur dan adil, serta hanya memiliki satu tujuan, yaitu untuk indonesia.
    Pastinya sekarang negara kita sudah menjadi negara yang luar biasa kaya raya dan sejahtera.

  2. avatar
    Dimas Hafidh  /  March 17, 2012, 12:22 pm Reply

    iya sebenernya INDONESIA bisa lebih maju ekonominya dari USA!!coba dari dulu semua orang di indonesia itu semua pada jujur,,,pasti indonesia lebih berjaya. :) I love You Indonesia bangkit terus jgn lemah apapun maju terussss

  3. avatar
    FIFIR  /  March 22, 2012, 12:15 pm Reply

    di negara manapun pasti ada pejabat yang tidak jujur, pengen memperkaya diri sendiri. sekarang yang dipertanyakan adalah penegakan hukum di negara indonesia gimana?.
    yang kaya (hasil korupsi) dimulyakan orangnya. yang miskin terinjak-injak
    sudah jelas-jelas terlihat dengan mata dia itu korupsi uang rakyat. gak hanya korupsi dalam penanganan kasus-kasus lain juga sperti itu. gk polisinya, gk hakimnya, hem…,(yang jujur bisa di itung jari) miris melihatnya. yah inilah potret negara indonesia (warisan dari pemerintahan zaman gak enak masih ada sisa-sisa orangnya).
    smoga Allah melindungi negara kita dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.amiin.
    hidup indonesia ……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Smart Detox