10 Musisi Indonesia yang “Go International”

10 Musisi Indonesia yang “Go International”

Musik. Siapa sih yang gak suka musik?

Rasa-rasanya hampir semua dari kita menyukainya dan bahkan mengkonsumsinya hampir setiap hari. Bisa memberi ketenangan jiwa kata beberapa orang. Bisa menyampaikan perasaan dan pikiran kita kata beberapa orang lainnya. Satu yang pasti, kita semua tentu sepakat, bahwa musik memang seperti sihir, yang bisa membuat kita hanya terdiam membisu menikmati setiap melodi indahnya.

Indonesia, negara kita ini, konon juga gudangnya musisi handal. Bahkan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, musik-musiknya kerap berkiblat ke kita untuk urusan ini. Melihat ini, tentu saja kita boleh bermimpi juga dong kalau suatu saat nanti, musik-musik Indonesia akan lebih terdengar gaungnya bahkan sampai menembus negeri Paman Sam sana :D

Ah ya, ini ada beberapa daftar musisi Indonesia yang sudah go international. They do make us proud, right?! :D

1. Wisnu Witono Adhi

Mungkin belum terlalu banyak orang yang mengenal namanya. Namun, Wisnu telah berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan masuk 5 besar dalam ajang Norwegian Idol tahun 2006. Tak tanggung2, ia pun memperoleh kesempatan untuk merilis album debutnya dengan single hits “Love Like That”.

2. Jessica Mauboy

Pernah nonton Indonesian Idol tahun 2008? Kalo ya, ingat kah dengan bintang tamu runner up Australian Idol tahun 2006? Ya, dialah Jessica Mauboy. Jessica, yang memiliki ayah yang berasal dari pulau Timor ini berhasil membawa inspirasi bagi warga Australia karena kesuksesannya dapat membawanya dari kehidupan sederhana di Darwin menjadi kesuksesan di Sydney. Baru-baru ini, ia mengeluarkan single terbarunya bertajuk “Get ‘Em Girls” berkolaborasi dengan Snoop Dogg. Karya-karyanya dapat dilihat di official websitenya: http://www.jessicamauboy.com.au/

3. Chandra Satria

Solois pria dari Indonesia ini konon berhasil merebut hati penikmat musik dari Malaysia melalui single pertamanya “Ingatlah Diriku”dengan Sheila Madjid, penyanyi Malaysia. Di sana, Chandra sempat diwawancara oleh banyak media terkemuka seperti TV3, Astro Awani, Berita Harian, Kosmo, Utusan Malaysia, Mangga Magazine, Hai Magazine, News Strait Times, Rentak Sejuta Online, Era Radio, Hot FM dan lain sebagainya

4. Muhammad Gunawan (Gugun) Blues Shelter

Pria yang kerap dipanggil Gugun ini memulai karirnya dalam dunia musik dengan membuat sebuah band bernama Gugun and the Bluesbug dan sekarang telah berubah nama menjadi Gugun and the Blues Shelter. Walaupun mungkin pecinta musik di tanah air kurang mengenalnya, Gugun cukup dikenal di kalangan pecinta blues mancanegara Bersama bass player John “Jono” Armstrong and drummer Aditya “Bowie” Wibowo mereka telah menjajah musik international. Dan karena bakatnya yg luar biasa Gugun mendapat julukan The Little Jimmy Hendrix.

5. Daniel Sahuleka

Pecinta musik soul era 80-90an gak akan lupa sama lagu “Don’t Sleep Away The Night” dari Daniel Sahuleka. Penyanyi yang pernah menikmati masa kecilnya di Semarang ini memilih untuk pergi ke negeri Belanda dan merintis karir musiknya disana. Darah Ambonnya dengan talenta bermusik sukses membuat Daniel Sahuleka tidak hanya dikenal karena kepopuleran lagunya, tetapi juga dengan musikalitas yang ia coba mainkan di setiap lagunya. Satu hal yang membuatnya tidak lupa adalah rasa kangennya dengan kota Semarang yang tidak akan pernah ia jumpai di kota manapun di dunia. Untuk melihat karya-karyanya, bisa diakses official websitenya di: http://www.sunflight.nl/

6. Dira J Sugandi

Nama Dira J Sugandi mungkin masih terdengar asing di telinga pecinta musik tanah air, namun tidak di telinga para pecinta jazz. Perempuan asli Bandung ini kerap manggung dalam konser bersama musisi jazz dunia. Salah satunya Incognito asal Inggris. Bahkan, produser tersohor Incognito, Jean Paul Bluey Maunick, adalah orang yang membimbing Dira hingga kariernya menjadi seperti saat ini. Dan sebentar lagi, Dira akan merilis albumnya sendiri yang bertajuk “Something About the Girl” di dalam negeri. Album yang telah lebih dulu rilis di London dan Tokyo ini dikabarkan akan berisi 11 lagu berbahasa Inggris dan 2 lagu bahasa Indonesia (Kami Cinta Indonesia ciptaan Harry Roesli dan Ku Cemburu gubahan Rieka Roslan).

7. The S.I.G.I.T

Ah ya, kali ini berbeda dengan daftar sebelumnya yang kebanyakan adalah penyanyi solo.. The S.I.G.I.T atau The Super Insurgent Group of Intemperance Talent adalah band indie asal Bandung yang sudah kerap kali manggung di negeri-negeri tetangga. The S.I.G.I.T yang dibentuk pada tahun 1997 ini merupakan potret band indie yang melek teknologi dengan memanfaatkan situs jejaring sosial untuk mengenalkan lagu-lagu mereka. Lewat dunia maya pula mereka akhirnya dikenal oleh salah satu pemilik label di Australia yang kemudian menawari band ini untuk membuat album THE S.I.G.I.T versi Australia.

8. Agnes Monica

Ya, Agnes Monica. Tidak perlu heran lagi memang, mengingat skill menyanyi dan menarinya yang luar biasa, Agnes menjadi penyanyi wanita yang terkenal di Asia. Pada tahun 2008, Agnes berhasil menjuarai Asia Song Festival 2008 di Seoul, Korea Selatan dengan gelar The Best Asian Artis dan The Best Performance. Tahun 2009, Agnes kembali ditunjuk sebagai wakil Indonesia dalam The 6th Asian Song Festival 2009 dan di event ini, ia menyanyikan single barunya yang belum diperdengarkan di tanah air: Temperature.

9. Sandhy Sondoro

Sandhy  pertama kali mengguncangkan dunia internasional melalui kemenangannya di festival penyanyi muda internasional New Wave 2009, Latvia. Sejak itu, kemampuannya makin diakui dunia internasional. Sandhy bahkan sempat bernyanyi sepanggung dengan penyanyi dunia sekelas Toni Braxton dan Gloria Estefan dalam acara “Dianne Warren and Friends” di Palladium Theater Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat.

10.  Anggun C. Sasmi

Ah, kalo yang ini pasti semua dari kita tau kan? Anggun, penyanyi wanita kelahiran 1974 ini telah merilis 4 album internasional, yakni Snow on the Sahara/Au nom de la lune, Chrysalis/Désirs contraires, Luminescence, dan Elevation. Salah satu kehebatan dari Anggun adalah, meskipun dia sudah menjadi milik Perancis, tetapi karyanya tidak pernah lepas dari sentuhan tradisi leluhurnya di Indonesia. Beberapa karyanya juga memakai bahasa Indonesia, dan satu project lagu bersama grup Deep Forest yaitu “Deep Blue Sea” juga memakai sentuhan irama Sunda dengan backing vocal ala penari kecak dari Bali. Prestasi-prestasinya sungguh banyak, antara lain: single dari album pertamanya “Snow on the Sahara” pernah menduduki posisi Top 5 pada UK Club Charts di Inggris (1999) dan terpilih sebagai lagu promo jam tangan mewah dunia, Swatch, terpilih sebagai duta PBB untuk Skim Mikrokredit (program pengentasan kemiskinan di seluruh dunia) , dll.

Nah, menarik-menarik kan profil sepuluh musisi yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional ini? Saya rasa masih banyak lagi musisi-musisi Indonesia yang go international. Anda mau menambahkan? :D

NB: Lihat juga 10 Musisi Indonesia yang “Go International” (Part 2)

avatar
Still trapped as an office worker.. But, a social worker & a good momtepreneur wanna be.. :)

21 Comments

  1. avatar
    jay  /  September 19, 2010, 10:23 pm Reply

    Tambahan nih.
    Mocca

    5 single mocca udah jadi jingle iklan di korea selatan..
    Mocca juga pernah di undang untuk maen di chocollate, TV show mirip oprah di korea selatan

  2. avatar

    [...] liat aja di web Indonesia Berprestasi ya gan! [...]

  3. avatar
    Morts  /  September 19, 2010, 10:37 pm Reply

    masih banyak mas..

    Mocca – band bandung ini albumnya laris manis di Jepang dan Korea. Bahkan kabar terakhir salah satu single terbarunya jadi soundtrack sebuah drama Korea..

    Santamonica – Sama seperti Mocca, duo ini juga merilis album pertama mereka Curiouser & Curiouser (koreksi kalo salah yah,,hehe) di Jepang & Indonesia.. Bahkan salah satu produser di Eropa sangat berminat dengan musik mereka.

    Superman Is Dead – band Punk asal Bali ini turut main di Warped Tour USA tahun lalu dan memukau banyak bule di sana..

    White Shoes & The Couples Company -
    mereka menuai sukses di Amerika..mungkin satu2nya band Indie Indonesia yang sukses menembus pasar di Sana saat ini..mereka sempat tur di beberapa kota termasuk di SXSW. Distribusi album pertama mereka di USA dibawahi Label yang sama dengan the Cardigans

    Goodnight Electric – Selain di Indonesia, mereka ternyata juga sering diundang main di Jerman dan beberapa wilayah di Eropa. mereka juga sempat dinobatkan menjadi salah satu dari 10 band Asia yang wajib dilihat penampilannya (Top 10 act to watch..versi AMP ChannelV)

    The Simple Sample, Goodmorning Breakfast , & Morgen Bis Abend -
    ketiga band ini memang masih baru dan masih belia dan belum terkenal di Indonesia. Rata-rata umurnya masih 18-24 tahun. Tetapi ketiga band ini sempat masuk Chart International Top Friend Vote di Situs Myspace.com pada bulan maret-april 2010 lalu.
    Bahkan The Simple Sample dan GoodMorning Breakfast diajak turut serta dalam kompilasi Band2 International yang digagas oleh Mercedes-Benz Jerman, dan sedang dalam proses negosiasi. Meskipun prestasinya tidak terlalu besar seperti pendahulu2nya, tapi saya rasa ketiga band ini sudah bisa dikatakan Go International..hehe

    BottleSmoker –
    Duo techno ini bermula dari iseng2 ikutan netlabel internet, dan sekarang mereka memiliki fans yang gak hanya ada di Indonesia, tapi juga di seluruh Eropa..

    dan Masih banyak lagi band-band dan musisi yang masuk kategori Go International yang ggak bisa disebutin satu-persatu..hehe
    semoga bisa jadi tambahan..Terima Kasih

  4. avatar
    hanifboi  /  September 19, 2010, 10:42 pm Reply

    Superman Is Dead, mereka udah tour ke amerika. trus maen di Vans warped tour 2009 (festival musik band punk) klo ga salah baru ada dua band dari asia yg maen di vans warped tour, SID salah satunya.

  5. avatar
    handa  /  September 20, 2010, 8:10 am Reply

    Homogenic juga terkenal di jepang n di negara asia lainnya…

  6. avatar

    [...] mencoba melengkapi musisi2x Indonesia yang juga “go international” selain yang ada di postingan ini. Ternyata banyak juga ya! Proud of [...]

  7. avatar
    Ian  /  September 21, 2010, 8:04 am Reply

    Good read Leni & friends :)
    Ada jg band Russia yg pake nama “Indonesia” http://goodnewsfromindonesia.org/2010/02/07/indonesia-the-rock-band/

    Trus ada jg band rock metal Finlandia, Battlelore yg vokalisnya orang Sumatra http://goodnewsfromindonesia.org/2010/02/16/the-finnish-battlecore/
    (Mgkn maksud nama band-nya Bertelor? Hehe…)

    Lalu ada The Hydrant yg sukses menggoyang Slovakia http://goodnewsfromindonesia.org/2009/07/28/the-hydrant-of-slovakia/

    Let’s help promote Indonesian talented musicians :)

    Ian,
    Good News From Indonesia

  8. avatar
    weizly  /  October 5, 2010, 5:27 am Reply

    anda justru melupakan dasar dr smua musisi yg go international…the tielman brothers,,,,! never forget that ok???

  9. avatar
    raden_donny  /  April 26, 2011, 10:28 am Reply

    masih ada reza ningtyas lindh-dia 5 besar Swedish idol performances nya jg memukau para juri2 di sana, ada jg Meeghan Henry-dia penyanyi remaja USA-single2nya juga disukai oleh orang2Amerika, bln Maret 2011 kemarin sempat nyanyi di Dahsyat and visit to Indonesia. ada jg Donny Vernianto dia masuk sbg finalis The X-facor Netherlands dia jg berhasil memukau juri dan masyarakat Belanda. Masih banyak jg ada Rossa, Afghan, terry yg sempat duet dgn Julian Cely penyanyi asal Perancis, Shakilla-Queen of Festival, Elfa’s singer, Tompi, Lala Karmela penyanyi Indonesia-Philippines selain ngetop di Indonesia jg di Philippines, Rebecca rejman penyanyi Indonesia-Netherlands. dan masih banyak lg…..

  10. avatar
    raden_donny  /  April 26, 2011, 10:31 am Reply

    Untuk tahu lebih banyak musisi2 berbakat Indonesia klik disini http://www.new7wonders.com/community/en/campaigns/international_talented_singers_indonesia_ii jangan lupa vote mereka di ajang New 7 Wonders of Nature sebagai International talented singers from Indonesia.

  11. avatar
    J-Rockstars !!  /  May 12, 2011, 4:31 am Reply

    J-Rocks Melenggang ke Abbey Road

    Penampilan
    grup J-Rocks yang berbeda
    dalam ajang ‘A Mild Live
    Soundrenaline 2008: Free Your
    Voice’ yang diselenggarakan
    pada hari Minggu (10/8),
    membuat band tersebut berhasil
    menyabet hadiah untuk bisa
    rekaman musik di Abbey Road
    Studios, London, Inggris.
    Hadiah itu didapat oleh grup
    yang beranggotakanIman
    Taufik Rachman (vokal dan
    gitar), Sony Ismail Robbayani
    (gitar), Swara Wimayoga (bas),
    dan Anton Rudi Keltjes (drum),
    setelah A Board, dewan pemberi
    apresiasi terhadap para peserta
    Soundrenaline, memilihnya
    menjadi ‘The Best Band Who
    Can Free Their Voice’ dalam
    Soundrenaline 2008.
    Band yang memakai huruf J
    sebagai kependekan dari kata
    ‘Jiwa’ ini dianggap sebagai grup
    terbaik dalam menyuarakan apa
    yang ingin mereka sampaikan
    kepada publik musik.
    Tak tanggung-tanggung, J-Rocks
    menyingkirkan empat nominee
    lain, yaituNidji, Padi, Gigi, dan
    Saint Loco, empat band yang
    memiliki tempat terhormat di
    blantika musik tanah air. Pesan
    yang ingin disampaikan olehJ-
    Rocks adalah ‘Save Our Music
    and Culture’.
    “Kami surprise sekali bisa
    mendapat hadiah ini. Memang
    kami tahu apa yang kami bikin
    untuk menyampaikan pesan
    ‘Save Our Music and Culture’ itu
    unik. Tapi, kami enggak nyangka
    kami mendapat penghargaan ini.
    Kami sudah punya beberapa
    lagu yang bisa direkam di sana,
    tapi belum kami pilih,” kataSony
    kepada Kapanlagi.com, saat
    pengumuman peraih
    penghargaan tersebut di Caesar
    Lounge and Cafe, Yogyakarta,
    Senin (11/8).
    Sony bersama Anton, Wima,
    dan Iman akan menjalani
    rekaman musik di Abbey Road
    Studios yang legendaris. Studio
    yang dibangun pada tahun 1931
    itu sangat lekat denganThe
    Beatles, karena band tersebut
    merekam sebagian besar album
    dan single mereka di studio
    bergaya ‘Gregorian’ itu selama
    tahun 1962-1970.
    Bahkan, Abbey Road dipilih
    menjadi judul albumThe
    Beatles, yang diluncurkan pada
    1969 dan mengantar hit-hit
    seperti Something dan Oh!
    Darling.
    Abbey Road Studios telah
    mencetak sukses puluhan artis
    musik lain, sepertiCliff Richard,
    Radiohead, Pink Floyd, Oasis,
    Green Day, dan U2.
    Begitu terkenalnya studio itu,
    sampai-sampai band ASRed Hot
    Chili Peppers difoto telanjang
    hanya dengan kaos kaki jelek
    saat menyeberang zebra cross di
    depan studio tersebut. Selamat
    yaJ-Rocks, atas prestasi yang
    sudah kalian raih!

  12. avatar
    J-Rockstars  /  May 12, 2011, 4:36 am Reply

    J-ROCKS !!

    J-Rocks juga udah jadi bintang iklan salah satu produk minuman yg iklannya tersebut di tayangin di negara VIETNAM .

  13. avatar

    [...] SUMBER [...]

  14. avatar
    faisal  /  January 27, 2013, 4:07 pm Reply

    Faisal juga go international

  15. avatar
    nancy  /  July 23, 2013, 1:59 pm Reply

    kenapa indonesia gak berpartisipasi dalam ajang asian wave. semua negara asian semuanya ikut dari malaysia, singapura, thailand, filiphina, india, vietnam, jepang, korea, cina, taiwan,dll. padahal gak kalah suara kita sama mereka :(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Smart Detox