Akhirnya, Indonesia Punya Mobil Nasional

Akhirnya, Indonesia Punya Mobil Nasional

Setelah beberapa kali tertunda, PT Inka menegaskan pihaknya siap mengadakan grand launching mobil nasional GEA. Target waktu pun mereka tetapkan yakni bulan Desember atau awal tahun 2011 mendatang dengan banderol harga hanya Rp 40 jutaan saja.

Hal itu diungkapkan oleh Iwan Ridwan yang merupakan marketing PT INKA di Indo Defence Expo 2010 yang saat ini sedang berlangsung di JI Expo, Kemayoran Jakarta.

“GEA yang akan kita grand launching di Jakarta ini sama dengan GEA versi polisi. Bentuknya sudah kita sempurnakan,” jelasnya.

Mobil model citycar ini memiliki wheelbase 1.965 mm dan tampak lebih lebih manis dibanding model sebelumnya.

Dari depan, bumper GEA tampak lebih sporty dengan lubang udara yang cukup besar. Sportivitas ini makin bertambah kental berkat aplikasi fog lamp dan head lamp yang berdesain modern. Mesin mengusung 650 cc masih seperti GEA yang lama namun dengan sistem injeksi EFI dan penggerak roda depan.

Lari ke belakang tampak buritan yang sederhana namun elegan dengan tambahan tulisan Polmas (Polisi Masyarakat) di belakangnya. Tulisan itu mempertegas bahwa ini adalah mobil kepolisian. Terlebih di bagian tengah mobil tertulis tulisan Patroli dengan logo Samapta yang lumayan besar.

Dan bila kita masuk ke dalam mobil yang memiliki dimensi 3.320×1.490×1.640 mm (PxLxT) ini nuansa mewah tersembur berkat pilihan warna beige di kabin mobil meski atribut di bagian dalam seperti roda kemudi, panel indikator atau AC control masih tampak jadul.

“Untuk pertama kita akan fokus ke pembeli kelompok seperti instansi dan koperasi,” ujarnya.

Hal itu menurut Iwan dilakukan untuk mempermudah layanan after sales karena untuk membangun dealer dan bengkel resmi dalam waktu dekat ini mereka mengaku belum siap.

“Kalau berkelompok seperti itu kan kita jadi lebih mudah melayani perawatan dan penyediaan spare part karena unitnya berkumpul disatu tempat,” pungkasnya. ( ddn / ddn )

Sumber: detikOto

19 Comments

  1. avatar
    Heru  /  July 4, 2011, 7:14 am Reply

    Salut !!!!!…..alhamdulillah akhirnya kita memiliki mobnas hasil karya anak bangsa….modelnya cantik sekali jauh lebih baik dari model pertamanya…sangat menjual dan tidak kalah dibanding mobil kaliber dunia seperti KIA, Hyundai dan Suzuki.

    Saran saya boleh saja ditargetkan untuk instansi, akan tetapi Inka harus tetap fokus untuk mempersiapkan diri menghadapi potensi meningkatnya permintaan akibat respons positif masyarakat.

    Yang krusial wajib diutamakan dan diusahakan adalah kekuatan permodalan untuk meningkatkan fasilitas manufacturing dan jaringan distribusi, management yang professional, adanya fasilitas pusat R&D yg lengkap dengan sumber daya yg sangat kompeten. Untuk itu pemerintah wajib memberikan support serta merangkul pihak swasta dalam pengelolaan perusahaan.

    Agar Gea lebih hemat bahan bakar dan suara mesin halus saat berlari di jalan toll, saya sarankan transmisi 4 percepatan diganti dengan yang 5 percepatan (seperti semua city car yg ada. Untuk itu jangan malu (hal ini juga dilakukan oleh semua merek kaliber dunia) untuk memasang transmisi dari vendor terkenal berkualitas dunia. Hal ini untuk memperkuat image bahwa Gea versi perdanapun sudah didesain secara mumpuni dan sangat kompetitif (tidak kalah dengan city car kelas dunia).

    Agar menciptakan potensi pemasaran diluar instansi (sebagai mobil golongan ekonomi menegah kebawah atau golongan mahasiswa dan kemungkinan di export), Gea juga harus berani bersaing dengan merk dunia dengan lebih meningkatkan features kelengkapannya misalnya menyediakan versi “Ultimate” dengan: jok belakang yg dpt dilipat rata bagasi, transmisi matic, power steering, power window, spion elektrik,wiper belakang,rem ABS, audio system yg berkualitas, adanya GPS dan jok kulit, walaupun harganya menjadi 70 juta (sama dengan harga Chery QQ second hand versi termurah.

    Semoga mimpi Indonesia memiliki basis industri mobil yang kuat dapat terwujud seperti halnya mimpi kita memiliki industri pesawat, kapal, kereta api dan industri persenjataan, sehingga keunggulan technology ini akan meningkatkan rasa percaya diri kita sebagai bangsa yang besar…amin.

  2. avatar
    mazjey  /  October 18, 2011, 1:34 pm Reply

    tapi disainnya sangat tidak menarik,,, bisakah masyarakat percaya dgan kwalitas dan membeli produk ini?? walau disain bukan segalanya tapi yang pertama kali dilihat adalah penampilan,, jika kesan pertama saja sudah tidak baik maka masyarakat enggan untuk membeli produk tersebut,,, :)

  3. avatar
    kemal  /  December 23, 2011, 9:51 am Reply

    bangga dengan produksi dalam negeri

  4. avatar
    edi  /  December 23, 2011, 5:40 pm Reply

    modelnya ada yang laen ngga? jadul banget…

  5. avatar
    karnyoto  /  December 26, 2011, 9:29 am Reply

    Designnya sangat jadul ,, kawatir orang lain/masyarakat penilainnya sama dgn saya ,, maaf ya

    Coba deh sebelum diloncing di rombak lagi ,

    minimalis /ergonomis /wah /atau buatlah body ok dulu.
    atau sayembarakan bentuknya

    OK
    Hidup indonesia

  6. avatar
    Yadi  /  December 27, 2011, 3:22 pm Reply

    Mari kita dukung pemasaran mob-nas di negara kita ini.
    Dan seharusnya Pemerintah memproteksi dan mendukung sepenuhnya mobnas ini dari mobil2 Jepang/lainnya, agar industri mobnas bisa berkembang (contohnya Malaysia dengan proton-nya).

  7. avatar
    Putra Bertam  /  January 7, 2012, 7:50 am Reply

    Anyway Indonesia can do better than that but need a full support from your goverment. Pertamina should support this project with a proper R n D. Even though it will need a years to materialise but willing to learn from mistake and error.

  8. avatar
    Agusplan  /  January 11, 2012, 9:27 am Reply

    Untuk menjamin kenyamanan dan kepuasan pengguna mobil nasional, sebaiknya segera dibuka dealer dan jaminan kesiapan suku cadang pada semua propinsi dan kabupaten.Untuk menghindari terjadinya mobil mangkrak bilamana ada trouble sehingga mobnas bisa terus jalan mengisi jalan-jalan punya nasional, bukannya mobil asing…..Hidup Mobnas, selamat berkarya putra bangsa…

  9. avatar
    harjo rumekso  /  January 13, 2012, 12:58 pm Reply

    saya mendukung sekali adanya mobnas tapi mbok iyao model desainnya dibuat lebih bagus lagi, teknologinya jangan kalah dengan buatan jepang, kayak honda jazz,yaris dll… sebelum diluncurkan mohon diperbaiki dulu….
    harga dinaikan kisaran 60 jt – 70 jt saya rasa gak masalah…
    ayo bangkit otomotive Indonesia…. matur sembah nuwun

  10. avatar
    bocah ndeso  /  January 18, 2012, 8:30 pm Reply

    aku bangga jadi orang indonesia karena sekarang udah bisa bikin mobil sendiri.lha terus kapan indonesia ada motor nasional nya?

  11. avatar
    bayu samudera  /  January 20, 2012, 1:30 am Reply

    Allamdullilah INDONESIA bisa bikin MOBIL secantik itu,,untuk pemasaran nya semua anggota DPR di wajibkan berkantor menggunakan mobnas,,,atau para pns…???saya optimis,,,mobnas kedepan nya bisa survive terutama GEA,,,aminnnn

  12. avatar
    bayu samudera  /  January 20, 2012, 1:33 am Reply

    alangkah baiknya setiap perkembangan jgn di anggap enteng terlebih dahulu,,,hargai karya putra2 bangsa….jgn cuman bisa nya kritik(omong doang) kaya para mahasiswa yg berdemo,,,sampai bunuh diri segala,,,itu haram hukumnya,,,dalam islam yg mati bunuh diri tidak usah di mandikan,,,,langsung di kubur ajja…ops jadi ngomong kemana mana….hehe…salute for indonesia

  13. avatar
    hari ebet  /  January 22, 2012, 9:46 pm Reply

    kpn dong bisa di pakai masyarakat? dah g sabar nih punya mobil buatan sendiri

  14. avatar
    nanang riduan  /  January 25, 2012, 4:42 pm Reply

    Sebaiknya cepat terbitkan mobil nasional, asal jgn pemerintah atau DPR yg tunda-tunda adanya MobNas, demi bangsa ini, mhn anggt DEWAN jgn silau dgn tawaran tukang produksi mobil import, krn indonesia pasar subur pemasaran produk import.

  15. avatar
    Kang Ragil  /  January 27, 2012, 11:19 am Reply

    Ndang gek dipajang thongkrongke neng show room, mengko nek wis ketok ana kono aku tak ngedol speda motorku telu, kari golek tambah sithik, aku melu tuku waton regane mung patang puluhan. Tenan kuwi tenan.

  16. avatar
    deni  /  February 5, 2012, 11:31 am Reply

    kapan pan mobil nya di pasarkan,,,?

  17. avatar
    arif  /  February 7, 2012, 5:04 am Reply

    mobnas? boleh juga…tapi sayang desainnya kurang menarik. Harusnya bisa dibuat lebih cantik lagi, biar bisa menjual.

  18. avatar
    Ahmad farid  /  February 20, 2012, 3:40 pm Reply

    Di kaltim .kuker hrs segra di buka dialer mobil nasional,krna di sini lg maruk pnya mobil

  19. avatar
    m abie dardak  /  May 22, 2013, 7:53 pm Reply

    di pasarkan kapan,deler semarang jateng dimana alamatnya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Smart Detox