Mahasiswa UNY Buat Alat Penyaring Air

AIR, baik tanah maupun permukaan yang telah tercemar sangat berbahaya bagi kesehatan jika digunakan. Untuk mandi misalnya, air yang tercemar dapat menyebabkan gangguan kesehatan kulit.

Bila digunakan mencuci alat makan, bisa mengakibatkan makanan terkontaminasi sehingga menyebabkan gangguan pencernaan. Nah, demi menghindari itu semua, maka kondisi air harus memenuhi syarat kesehatan. Salah satu caranya memanfaatkan alat temuan tiga mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yakni Bambang, Dedik Sumaryanta, dan Alfian Syahril Mustofa.

Mereka merancang alat untuk mengolah air kotor menjadi air bersih sehingga layak dikonsumsi untuk keperluan sehari-hari. Setelah melakukan berbagai penelitian, ketiganya berhasil menciptakan alat penyaring air yang terbuat dari plat stainless steel berbentuk bak tabung. Di samping dapat menyaring air kotor menjadi bersih, alat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sirkulasi air di kolam ikan guna menetralkan derajat keasaman (pH).

“Pembuatan alat ini didorong semakin terkontaminasinya air tanah dan air permukaan, khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Baik akibat kotoran maupun zat logam. Ini membahayakan kesehatan manusia, terutama kulit dan pencernaan,” papar Alfian Syahril Mustofa, saat mendemokannya di FT UNY kemarin.

Alfian menjelaskan, alat penyaring air terdiri atas kerangka alat, bahan penyaring, wadah penampung air (tabung) atas, dan tabung bawah. Dimensi alat memiliki panjang 16.00 milimeter (mm), lebar 80 mm, dan tinggi 1800 mm. Untuk kapasitas tabung sebanyak 225 liter air dan 358 kilogram (kg) bahan penyaring, serta memiliki waktu produksi 13 detik untuk botol berukuran 500 mililiter (ml).

“Desain alat ini cukup sederhana sehingga mudah dipindahkan ke tempat lain tanpa alat angkat khusus. Biaya untuk memproduksi alat ini, sekitar Rp1.800.500,” papar Alfian. (priyo setyawan/koran si)(//rfa)

Sumber: OkeZone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Smart Detox