Beasiswa Rp 149 Miliar Untuk Pelajar dan Mahasiswa Kaltim

Beasiswa Rp 149 Miliar Untuk Pelajar dan Mahasiswa Kaltim

TRIBUNNEWS.COM, SAMARINDA -Pemprov Kaltim benar-benar serius ingin meningkatkan Sumber Daya Manusianya dengan cara memberikan Beasiswa Kaltim Cemerlang (Cerdas, Merata dan Prestasi Gemilang) kepada warganya yang berhak. Mulai Sabtu (19/1), warga Kaltim yang sedang menempuh pendidikan di mana saja, termasuk di Malaysia, Thailand, Jepang, Eropa dan negara lainnya.

Beasiswa juga diberikan ke jenjang pendidikan apa saja. Mereka yang tertarik dapat mendaftarkan secara online di website Beasiswa Kaltim Cemerlang http://www.beasiswa-kaltim.org.

“Pemprov menyiapkan dana Rp 149 miliar untuk beasiswa Kaltim Cemerlang. Dana ini akan diberikan kepada 31.116 penerima beasiswa,” kata Gubernur Kaltim dalam Temu Masyarakat Refleksi 4 tahun kepemimpinan Awang Faroek Ishak dan Farid Wadjidy di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu (19/1/2013).

Awang menjelaskan, beasiswa ini diperuntukkan mulai pelajar SD hingga SMA, D1, S1, S2 dan S3. Beasiswa juga diberikan khsusu bagi guru untuk menempuh pendidikan S1 dan S2 dan kepada mahasiswa pendidikan dokter, program magister dokter speasialis dan program doktor untuk ilmu kedokteran.

“Kita juga menyiapkan dana sebesar Rp 2,6 miliar bagi 1.000 pelajar yang ada di daerah perbatasan, di Kutai Barat, Malinau dan Nunukan,” kata Awang. Pemprov juga menyiapkan dana sebesar Rp 3 miliar bagi mereka yang miskin. “Tinggal bawa surat miskin saja maka biaya pendidikan mereka akan dibantu,” katanya.

Awang menuturkan, program ini merupakan upaya pemprov untuk mempercepat pembangunan sumber daya manusia di Kaltim. Harapannya, visi dan misi Pemprov Kaltim untuk menjadi provinsi terkemuka di bidang energi dan agribisnis dapat segera tercapai. Ia juga menjamin pendaftaran kali ini berlangsung secara obyektif dan transparan.

Ketua Dewan Pendidikan Kaltim Dr Bohari Yusuf menambahkan program beasiswa ini juga diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil dan mahasiswa Pemerintahan Integartif (PIN) Unmul.

“Beasiswa Kaltim cemerlang tahun ini akan dikoordinasikan di bawa Disdik Kaltim tidak seperti tahun lalu yang sebagian berada di bawah Biro Sosial Pemprov Kaltim. Namun, untuk beasiswa PNS, proses pengurusannya ke BKD,” katanya. Data-data yang diperlukan untuk mendapatkan beasiswa ini yakni KTP, Kartu Tanda Mahasiswa/passport, transkrip nilai beserta IPK dan ijazah. (Tribun Kaltim/reo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Smart Detox