Berburu Beasiswa, Ke Mana Saja?

Berburu Beasiswa, Ke Mana Saja?

Banyak kesempatan bisa diraih anak-anak cerdas Indonesia yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk tetap meraih pendidikan tinggi. Impian itu dapat diraih lewat banyaknya lembaga penyedia beasiswa bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Apa saja?

British Council Indonesia

Lembaga internasional yang bergerak di bidang budaya dan pendidikan ini menyediakan informasi terkait studi di Inggris. Beasiswa yang dikelola meliputi:

- the British Chevening Awards - Hornby Scholarships Program – Kontak: Telp: (021) 515 5561/Faks: (021) 515 5562/Email:information@britishcouncil.or.id/Website: www.britishcouncil.org

Australia Development Scholarship/ADS

Lembaga ini menangani pemberian beasiswa dari negara-negara berkembang. Kategori beasiswa yang dimiliki adalah:

- Beasiswa publik, untuk diberikan kepada pegawai kementerian, BUMN, dan PTN. – Beasiswa “open”, untuk diberikan kepada pekerja di sektor swasta. – Beasiswa “targeted”, dikhususkan bagi mereka yang bekerja di lembaga terkait program dan kegiatan AusAID, yang dalam hal ini adalah pegawai pemerintah, BUMN, perguruan tinggi, dan lembaga swadaya masyarakat. – Kontak: Telp (021) 527 7648/Faks: (021) 527 7649/Email: info@adsindonesia.or.id/Website: adsindonesia.or.id

Kedutaan Besar Jepang

Termasuk juga Konsulat Jepang di Surabaya, Medan dan Makassar, Kedutaan Besar Jepang rutin memberikan beasiswa. Program beasiswa yang dimiliki adalah:

- Monbukagakusho, yaitu beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/MEXT), seperti Program Beasiswa Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SLTA, dan Japanese bagi mahasiswa program studi Jepang, serta Teacher Training bagi guru. – Kontak: Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang, JL MH Thamrin No 24 Jakarta 10350/Telp (62-21) 3192-4308 ext 175 atau 176/Website: www.id.emb-japan.go.jp.

Kedutaan Besar Italia

Menyediakan beasiswa untuk menempuh pendidikan sarjana, magister, atau doktoral di universitas, sekolah tinggi, dan politeknik negeri tertentu ataupun kursus singkat di Italia.

- Alamat: the Italian Institute of Culture (IIC) Jl HOS Cokroaminoto No 117, Menteng, Jakarta Pusat, 10350/Telp (62-21) 392 7531/392 7532/Faks (62-21) 3101661/Website: http://www.iicjakarta.esteri.it/IIC_Jakarta.

Nuffic Neso Indonesia

Netherlands education support office (Neso) di Indonesia juga menawarkan bermacam program beasiswa bagi para pelajar dan masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan studinya di Belanda. Beberapa progranya antara lain NFP, Huygens Scholarship Programme, dan StuNed.

Adapun website yang bisa diakses untuk mencari informasi beasiswa ini adalah http://www.nesoindonesia.or.id.

Lembaga beasiswa lainnya Dari Luar Negeri:

- Komisi Eropa – ASEAN Foundation – Nanyang University – (DAAD (Jerman) – Asian Development Bank-Japan Foundation – King Abdullan University of Science and Technlogy (KAUST) – Ford Foundation – Shell

Dari Dalam Negeri

- Grup Panasonic – Paramadina – Kementrian Komunikasi dan Informatika – Kementerian Pendidikan Nasional – Sampoerna Foundation – Djarum Bakti Pendidikan – Eka Tjipta Foundation – Yayasan  Pendidikan Kalbe. (ATK/TON/LTF)

Sumber: KOMPAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Smart Detox