Mengenal Batik Nusantara (2)

Mengenal Batik Nusantara (2)

Batik Rembang

Batik yang sangat terkenal di Rembang adalah batik Lasem. Batik Lasem ini pasarannya pun sudah menembus pasar mancanegara. Berikut ini adalah motif-motif dari batik Lasem:

Sumber: Facebook Batik Lasem

Batik Tegal

Batik Tegalan didominasi warna coklat dan biru. Ciri khas lain batik Tegalan adalah berwarna-warni. Batik tulis Tegal atau Tegalan itu dapat dikenali dari corak gambar atau motif rengrengan besar atau melebar. Motif ini tak dimiliki daerah lain sehingga tampak eksklusif. Motifnya banyak mangadaptasi dari aneka flora dan fauna disekitar kehidupan masyarakat di kota Tegal. Motif Grudo (Garuda) dengan warna terang yang mempertontonkan bentuk-bentuk sayap burung garuda dan motif Gribigan dengan bentuk khas anyaman bambu dalam warna agak gelap. Budaya berpakaian batik di Tegal dibawa Raja Amangkurat I (Sunan Amangkurat Mas) dari Keraton Kasunanan Surakarta. Amangkurat yang saat itu menyusuri pantai utara membawa pengikutnya yang di antaranya perajin batik.

Berikut ini beberapa motif dari batik Tegal atau Tegalan:

Sumber: Facebook The Exclusive of Batik Tegalan

Batik Jawa Timur

Perkembangan batik di Jawa Timur sebenarnya agak lambat dibandingkan dengan batik Jawa Tengah. Salah satu penyebabnya mungkin karena batik di Jawa Tengah dan Yogyakarta memiliki patron dari kalangan keraton sehingga selalu ada inovasi. Padahal, batik di Jawa Timur juga memiliki motif yang tidak kalah uniknya dibandingkan dengan daerah lain.

Batik Jawa Timur mempunyai motif yang lebih bebas, tanpa terikat pakem-pakem motif yang ada sebelumnya. Ragam hias batik Jawa Timur bersifat naturalis dan dipengaruhi berbagai kebudayaan asing. Warna-warna yang dipakai batik Jawa Timur tampak lebih cerah. Batik Jawa Timur sebenarnya tersebar merata di seluruh wilayah Jatim. Hanya saja ada lima wilayah di mana perajin batik lebih banyak ditemukan, yakni di Madura, Tuban, Sidoarjo, Tulungagung, dan Banyuwangi.

Berikut ini adalah beberapa motif batik dari daerah Jawa Timur:

Batik Madura

Ternyata, Pulau Madura tak hanya tersohor dengan karapan sapi dan garamnya. Wilayah yang termasuk Provinsi Jawa Timur ini juga terkenal sebagai penghasil batik. Bahkan, produk batiknya memiliki ragam warna dan motif yang tidak kalah dengan produksi daerah lain. Maklum, batik Madura menggunakan pewarna alami sehingga warnanya cukup mencolok. Selain warna yang mencolok, seperti kuning, merah atau hijau, batik Madura juga memiliki perbendaharaan motif yang beragam. Misalnya, pucuk tombak, belah ketupat, dan rajut. Bahkan, ada sejumlah motif mengangkat aneka flora dan fauna yang ada dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Madura.

Sumber: http://batiktulismadura.com/v1/category/batik-madura/

Batik Pacitan

Batik tulis khas pacitan tergolong jenis klasik seperti Motif Sidomulyo, Sekar Jagat, Semen Romodan Kembang-Kembang.

Sumber: Facebook Batik “Saji” Pacitan

Batik Sidoarjo

Sidoarjo juga punya Kampoeng batik dengan nama Batik Jetis, Kampoeng ini memproduksi batik tulis dengan motif yang khas dari Sidoarjo. Motif kain batik asal Jetis didominasi flora dan fauna khas Sidoarjo yang memiliki warna-warna cerah, merah, hijau, kuning, dan hitam. Motifnya juga motif kuno, tidak banyak perubahan dari motif yang dulu dipakai oleh para pendahulu. Ada abangan dan ijo-ijoan (gaya Madura), motif beras kutah, motif krubutan (campur-campur) lalu ada motif burung merak, dan motif-motif lainnya.

Batik Tuban

BATIK Tuban merupakan batik yang paling khas di Jawa Timur, Kenapa? karena proses pembatikannya dimulai dari bahan kain yang digunakan untuk membatik dipintal langsung dari kapas. Jadi gulungan kapas dipintal menjadi benang, lalu ditenun, dan setelah jadi selembar kain lalu dibatik. Batik ini kemudian disebut Batik Gedog.

Dalam buku Batik Fabled Cloth of Java karangan Inger McCabe Elliot tertulis, sebenarnya batik Tuban mirip dengan batik Cirebon pada pertengahan abad ke-19. Kemiripan ini terjadi pada penggunaan benang pintal dan penggunaan warna merah dan biru pada proses pencelupan. Namun, ketika Kota Cirebon mengalami perubahan dramatis dan diikuti dengan perubahan pada batiknya, batik Tuban tetap seperti semula.

Sumber: Facebook Batik Gedog Tuban

Batik Banyuwangi

Tak banyak orang yang tahu, bahwa sejatinya Banyuwangi merupakan salah satu daerah asal batik di Nusantara. Banyak motif asli batik khas Bumi Blambangan. Namun hingga sekarang, baru 21 jenis motif batik asli Banyuwangi yang diakui secara nasional. Jenis-jenis batik Banyuwangi itu salah satunya antara lain: Gajah Oling; Kangkung Setingkes; Alas Kobong; Paras Gempal; Kopi Pecah, dan lain-lain.

Semua nama motif dari batik asli Bumi blambangan ini ternyata banyak dipengaruhi oleh kondisi alam. Misalnya, Batik Gajah Oling yang cukup dikenal itu, motifnya berupa hewan seperti belut yang ukurannya cukup besar. Motif Sembruk Cacing juga motifnya seperti cacing dan motif Gedegan juga kayak gedeg (anyaman bambu). Motif-motif batik yang ada ini merupakan cerminan kekayaan alam yang ada di Banyuwangi. Motif batik seperti di Banyuwangi ini tidak akan ditemui di daerah lain dan merupakan khas Banyuwangi.

Sumber: http://album.banyuwangikab.go.id

Batik Mojokerto

Batik Mojokerto merupakan sebuah budaya kerajinan batik yang sejarahnya berkembang dengan masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Keunikan batik Mojokerto adalah pada nama-nama coraknya yang sangat asing dan aneh di telinga sebagian orang. Misalnya gedeg rubuh, matahari, mrico bolong, pring sedapur, grinsing, atau surya majapait. Batik Mojokerto kini memiliki 6 motif yang telah dipatenkan, yakni pring sedapur, mrico bolong, sisik gringsing, koro renteng, rawan indek dan matahari.

Desain batik itu Mojokerto mengambil corak alam sekitar kehidupan manusia.  Misalnya motif pring sedapur merupakan gambar rumpun bambu dengan daun-daun menjuntai. Ada burung merak bertengger. Warna dasarnya putih dengan batang bambu warna biru. Sedangkan daunnya warna biru dan hitam. Demikian pula motif gedeg rubuh, coraknya mirip seperti anyaman bambu yang miring. Kalau mrico bolong, motifnya berupa bulatan merica berlubang.

Batik Ponorogo

Batik Ponorogo terkenal dengan motif meraknya yang diilhami dari kesenian reog yang menjadi ikon di daerah ini. Hingga kini paling tidak sudah 25 corak batik Ponorogo diciptakan. Motif batik lainnya antara lain merak tarung, merak romantis, sekar jagad, dan batik reog.

Sumber: Facebook Batik Ponorogo

Batik Tulungagung

Pesona batik Tulungagung terletak pada tingkat keberanian memadukan warna untuk menghasilkan batik dengan warna yang berbeda. Dari yang kebanyakan berwarna coklat maupun hitam, kini lebih berani dengan memainkan warna yang lebih cerah. Beberapa motif yang paling banyak dibuat di Tulungagung antara lain “buket ceprik gringsing”,”buket ceprik pacit ungker”, serta “lereng buket”. Ketiga motif tersebut merupakan satu di antara 86 motif yang dimiliki para perajin di Tulungagung.

Batik Tulungagung, Jawa Timur yang juga dikenal dengan Barong Gung, kini mulai dilirik pengusaha timur tengah. Adalah pengusaha asal Arab Saudi Talal Omar Al Yafee yang berniat memasarkan Barong Gung ke tanah kelahirannya.

Sumber: http://www.eastjava.com/

Kalimantan

Selama ini yang terkenal hanyalah motif Batik dari pulau Jawa. padahal Kalimantan juga memiliki motif yang tak kalah menarik dan khas. Bila kain Batik Kalimatan Selatan terkenal dengan nama kain Sasirangan, kain batik Kalimantan Tengah terkenal dengan nama Batik Benang Bintik-nya. Motifnya pun variatif dengan warna-warna yang memanjakan selera. Motif yang umum adalah Batang Garing (simbol batang kehidupan bagi masyarakat Dayak), Mandau (senjata khas suku Dayak), Burung Enggang/Tingang (Elang Kalimantan), dan Balanga. Warnanya lebih berani seperti shocking pink, hijau stabilo, merah terang, oranye, dan masih banyak lagi.

Batik Benang Bintik (Sumber: Batik Bagoes)

Batik Sasirangan (Sumber: http://sasirangan.multiply.com/)

Sulawesi

Sulawesi juga memiliki motif batik yang beraneka ragama. Sebagai contoh, batik Sulawesi Selatan memiliki motif-motif seperti Toraja, Bugis dan Makassar. Batik Sulawesi Selatan umumnya menggunakan teknik pembuatan yang sama dengan batik Jawa, namun tetap memiliki kekhasan sendiri. Sedangkan di Sulawesi Tengah rata rata mendatangkan bahan baku tekstil batik dari Jawa, namun  pembuatan motifnya dilakukan oleh masyarakat pengrajin batik di Sulawesi Tengah tepatnya di kota Palu dan motifnya sesuai dengan ciri khas motif lokal Palu. Motif yang digunakan batik-batik di Sulawesi Tengah kebanyakan menggambarkan motif burung maleo, motif bunga merayap, motif resplang, motif ventilasi dan motif ukiran rumah adat Kaili ataupun motif bunga dan buah cengkeh.

Beberapa motif batik Sulawesi Tengah (Sumber: Facebook Batik Banget Indonesia)

Papua

Jangan salah, Papua juga memiliki batik dengan motif-motifnya yang khas dan banyak diminati lokal maupun mancanegara. Dibandingkan dengan corak batik dari daerah lainnya di Jawa, batik Papua memiliki perbedaan corak yang cukup mencolok. Batik dari daerah ini cenderung lebih gelap namun banyak memiliki motif yang terdiri dari gambaran patung.

Batik di Papua selama ini yang paling terkenal adalah batik motif Asmat. Warnanya lebih cokelat dengan kolaborasi warna tanah dan terakota. Soal pemilihan motif batik Papua banyak menggunakan simbol-simbol keramat dan ukiran khas Papua. Cecak atau buaya adalah salah satunya,selain tentu lingkaran-lingkaran besar.Bahannya macam-macam disesuaikan dengan permintaan pasar.

Sumber: http://yiskandar.wordpress.com/

Bali

Di Bali, industri kerajinan batik dimulai sekitar dekade 1970-an. Industri tersebut dipelopori antara lain oleh Pande Ketut Krisna dari Banjar Tegeha, Desa Batubulan, Sukawati – Gianyar, dengan teknik tenun-cap menggunakan alat tenun manual yang dikenal dengan sebutan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Kerapnya orang Bali mengenakan batik untuk berupacara –sebagai bahan kain maupun udeng (ikat kepala), mendorong industri batik di pulau ini terus berkembang dang maju. Kini di Bali telah tumbuh puluhan industri Batik yang menampilkan corak-corak khas Bali, juga corak-corak perpaduan Bali dengan luar Bali seperti Bali-Papua, Bali-Pekalongan, dan lain-lain.

Sumber: http://batikwongbali.blogspot.com

Nusa Tenggara

Daerah Nusa Tenggara juga memiliki batik dengan motif khasnya sendiri. Contohnya adalah batik Sasambo (Sasak Samawa Mbojo) yang dijadikan sebagai pakaian batik resmi lokal NTB. Di NTT, juga terdapat batik. Bahkan setiap pulaunya bisa menghasilkan batik dengan keunikan masing-masing. Pulau Sumba misalnya batik tenunnya khas dengan motif hewan. Pulau Rote khas dengan motif daunnya.

Sumber: Facebook Batik Sasmbo 2010

Referensi:

http://www.facebook.com/pages/Rembang-Indonesia/batik-lasem/169914688865

http://www.tegalkota.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=87

http://www.facebook.com/group.php?gid=207587821212&ref=ts

http://batikindonesia.info/2005/06/26/batik-madura-nan-menawan/

http://batiktulismadura.com/v1/category/batik-madura/

http://pacitankab.go.id/potin.php?jns=29

http://www.facebook.com/pages/BATIK-TULIS-SAJI-PACITAN/163443896508

http://bisnisukm.com/sidoarjo-bangkit-dengan-potensi-batik-jetis.html

http://tubanstore.com/batiktubanpalingkhas.php

http://www.facebook.com/group.php?gid=77829214348

http://batikindonesia.com/batik-banyuwangi/881

http://batikindonesia.info/2001/05/04/batik-gajah-uling-khas-banyuwangi/

http://album.banyuwangikab.go.id

http://www.wongmojokerto.com/2009/10/mojokerto-patenkan-6-motif-batik-tulis.html

http://www.batikmojokerto.blogspot.com/

http://www.facebook.com/pages/BATIK-PONOROGO/257244003981

http://www.antaranews.com/berita/1255153972/pesona-batik-tulungagung-dengan-kekuatan-warnanya

http://www.tulungagung.go.id/index.php/berita/item/402-batik-tulungagung-mulai-digemari

http://kolomkita.detik.com/baca/artikel/30/291/si_jarik_cantik

http://dharmalamajid.multiply.com/photos/album/15/Batik_Kalimantan

http://batikbagoes.multiply.com/photos/album/22/GALERI_BENANG_BINTIK_KALTENG

http://www.tempointeraktif.com/hg/makassar/2010/05/13/brk,20100513-247675,id.html

http://www.facebook.com/pages/Batik-Banget-Indonesia-KBBI/101234359940872

http://lifestyle.okezone.com/read/2009/08/31/29/252858/dari-batik-keraton-hingga-etnik-papua

http://yiskandar.wordpress.com/2009/10/02/batik-papua/

http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/2010/02/02/brk,20100202-222927,id.html

http://www.suarasurabaya.net/v05/ekonomibisnis/?id=57eb382c369f64b901a62f0fb4c62705200965509

http://www.facebook.com/pages/BATIK-SASMBO-2010/109219055789978

15 Comments

  1. avatar

    [...] Batik is recognized as World Heritage by UNESCO in 2009. To celebrate it, Indonesia has set 2 October as batik day. Indonesian batik has various motives depending on regions. More information about batik can be read in this article. [...]

  2. avatar
    indi sari  /  July 20, 2011, 11:35 am Reply

    batik sumatra kgak ada y…

  3. avatar
    m zaenal abidin nanal  /  December 19, 2011, 11:14 am Reply

    goooo…!!! batik indonesia

  4. avatar
    veronica syamsudin  /  January 25, 2012, 12:42 pm Reply

    kok ngga ada batik yang gue cari

    • avatar
      lilis nurvitasary  /  February 2, 2012, 12:54 pm Reply

      betul bgt….
      gw jg mw cri btik motif enggang…..
      yang kluar malah lain….

  5. avatar
    yanti chivivanill  /  February 29, 2012, 6:02 am Reply

    kok gk dha penje;asan tentang moyif hias naturalis :(

  6. avatar
    Askia  /  January 14, 2013, 9:41 pm Reply

    nge-bantu banget loh info+gambar2nya buat ujian sekolah gue ;) ))

  7. avatar
    Akimoto Ayumu  /  January 25, 2013, 8:01 pm Reply

    membantu banget buat tugas ^_^

  8. avatar
    ReVorded Mahendra Putra  /  February 5, 2013, 9:15 pm Reply

    Thanks ya infonya ,tapi ada yang kurang bati Gorontalo aja dah nie. sekali lagi makasih ya

  9. avatar
    ReVorded Mahendra Putra  /  February 5, 2013, 9:19 pm Reply

    Thanks ya infonya ,tapi ada yang kurang batik Gorontalo aja dah nie. sekali lagi makasih ya

  10. avatar
    putry harefa  /  February 10, 2013, 8:27 pm Reply

    gw mangga punya tanah air yg kaya akan budaya :) :):)

  11. avatar
    Batik Nusantara | WAMSARTHA  /  February 19, 2013, 2:10 pm Reply

    [...] 2. http://www.indonesiaberprestasi.web.id/?p=2433 3. http://www.indonesiaberprestasi.web.id/?p=2460 Posted in Info, Uncategorized One Response to Batik [...]

  12. avatar
    indah  /  July 24, 2013, 12:28 pm Reply

    batik jawa timuran ada ,pliss kasih tau yh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Smart Detox